Ramadhan; Bulan belajar

Ramadan

gambar samipoint.com

Ramadhan; Dialah bulan yang permulaannya rahmat, pertengahannya ampunan dan akhirnya pembebasan.

Ramadhan adalah belajar untuk bahagian dan suka-cita. Belajar Menjadi lebih pemurah dengan kebaikan seumpama angin yang berhembus dengan lembut.

Bulan ini kami belajar. Belajar gembira – gembira ketika berbuka. Belajar bersyukur atas kenikmatan. kenikmatan hidup, kenikmatan sehat, kenikmatan rizqi.

Belajar tetap berbagi saat dalam kesempitan.

Tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah.
Sedikit yang mencukupi lebih baik dari banyak yang melengahkan.

Bulan ini kami bejar ibadah, berbuat baik dan kebaikan, bulan simpati, bulan kemenangan atas nafsu. Belajar melihat cacat diri pada kebaikan orang lain.

Belajar memproyeksikan ahlak rasul yang teguh tapi lembut penuh kasih sayang. Bukan wajah penuh penghakiman agar kami bertaqwa bukannya gila hormat.

Ramadhan adalah belajar sabar, bulan memberi pertolongan. Bulan belajar memperbaiki diri dalam hal ibadah maupun amal kebaikan.

Belajar membedakan mana yang haq dengan yang batil dan memahaminya sebagai kebenaran. Bukannya offside dengan memaksakan sesuatu yang kita anggap sebagai kebenaran pada orang lain.

Belajar untuk tidak mengucapkan kata-kata kotor, belajar untuk tidak membuat kegaduhan. Sebagai pemuliaan atas bulan yang penuh barakah dan rahmat.

Jadi seheroik apapun pilihanmu kawan, dan secemen apapun pilihan yang telah saya ambil, selayaknya kita berbesar hati untuk saling mengucapkan selamat. Selamat Ramadhan, selamat belajar dan semoga senantiasa berbahagia.

Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

2 Komentar

  1. ~Sati~

     /  28 Juni 2015

    Semoga amalan ibadah kita di Ramadhan tahun ini sama-sama di terima kawan..
    Salam kenal dari Padang 🙂

    Suka

    Balas

Tinggalkan komentar